Ahad, 8 Januari 2012

Asal suku Betawi di Jakarta, Indonesia


Artikel mengenai suku betawi oleh Stellonika Elan Tumiwang. Mantap artikelnya walaupun ringkas.

Kawasan
Kampung Melayu, Jakarta Timur. Sebuah daerah yang dibuka oleh para pendatang Melayu dari Semenanjung Malaya (Malaka dan Patani) pada pertengahan abad ke-17 dengan pemimpinnya yang terkenal, Kapten Wan Abdul Bagus. Pada zamannya ia terkenal sebagai orang yang cerdas sehingga sangat disenangi Belanda. Ia membaktikan dirinya sebagai juru tulis dan penerjemah Belanda yang juga pandai bernegosiasi. Kepopulerannya mulai luntur ketika Belanda memerintahkan seorang Indo-Belanda, Cornelis Senen untuk membuka lebih luas kawasan Kampung Melayu.

Khawatir
akan terjadi konflik dengan Cornelis Senen, Belanda mengutus Wan Abdul Bagus ke Sumatra Barat sebagai Regeringscommisaris (Ambassador) VOC Belanda dengan perjanjian akan memberikan tanah yang lebih luas kepada etnis Melayu di Batavia. Saat Wan Abdul Bagus di Sumatra Barat, Cornelis Senen makin memperluas wilayahnya hingga membuat wilayah Kampung Melayu semakin sempit. Puncaknya terjadi ketika Cornelis Senen memproklamirkan daerah baru bernama ‘Mester’ (Jatinegara) yang wilayahnya sangat luas.

 Wan Abdul Bagus
wafat pada tahun 1716, meninggalkan warisan tanah yang sangat luas. Sepeninggalnya, etnis Melayu di Kampung Melayu berdiaspora dan berasimilasi dengan etnis pendatang baru lainnya seperti etnis Bali, Maluku, Manggarai, Tionghoa, Jawa, Arab, Sunda, bahkan Eropa dan menghasilkan akulturasi/budaya baru yaitu “SUKU BETAWI”, suku asli kota Jakarta. Jadi jangan heran kalau ada kata serapan Melayu dalam bahasa Betawi seperti ‘Encik’ yang menjadi Encang/Encing dan kata ‘Abang’ yang notabene bahasa Melayu. Dan jangan heran juga sampai ada kue lopis, nasi uduk, dan laksa Betawi di Batavia.


- Oleh Stellonika Elan Tumiwang
 ^_^
AYO KOMENTAR via FACEBOOK [KLIK]

IP Anda

IP

Arkib Blog

Flag visitor

 

Malaysia-Indonesia Sahabat Selamanya | Hak Cipta Terpelihara 2010-2012 | 'Like' MISS@Facebook | 'Follow' MISS_Season4@Twitter